Sunday 14 August 2016

Ini Alasan Mengapa Tulisan Dokter Jelek dan Cara Bacanya



 Sumber gambar www.bacatulisan.com

Hey ya what’s up? Welcome back to Knowledge Corner! Okay, buat para readers Knowledge Corner, pertama aku pengen minta maaf atas pasifnya aku dalam ngeposting artikel.  As you know lah artikel disini ngebahas tentang hal yang umum tapi masih dipertanyakan dan hal-hal yang gak biasa. Sebenarnya aku Cuma punya satu alasan kenapa  aku gak ngeposting, yaitu kehabisan bahan.  Nah kali ini aku pengen bahas “Kenapa sih tulisan Dokter itu jelek? Dan gimana apoteker bisa baca?”  

Aku, kamu, dan kita yang pernah berobat ke Dokter pasti pernah nanya “Kenapa sih tulisan Dokter itu jelek? Danherannya  gimana apoteker bisa baca?”  . Nah, setelah aku baca dari berbagai sumber, ada yang bilang tulisan Dokter itu jelek karena mereka nulisnya harus cepat, agak kurang enak aja kan kalau ada Dokter yang nulisnya harus lama  supaya keliatan bagus gitu? Itu gak salah sih, ada benarnya juga.
Tapi alasan yang lebih tepat adalah, karena tulisan Dokter yang berupa resep itu agar tidak mudah dibaca oleh pasien atau orang lain supaya  gak disalah gunakan. Jadi gini, resep itu bisa dibilang kayak dirahasiaiin, karena bukan gak mungkin kalau misalnya pasien itu sakit untuk kedua kalinya dengan penyakit yang sama akan menggunakan resep yang sama dengan yang pertama kali. Padahal, Dokter memberi resep bukan hanya berdasarkan jenis penyakitnya, namun juga berdasarkan berat badan, usia, udah berapa lama penyakitnya, dan itu juga menentukan dosis obat tersebut. Bagaimana jika si pasien itu sakit  yang kedua kalinya dengan berat badan yang berbeda? Tentu dosis obatnya akan juga berbeda maskipun penyakitnya sama. Jadi si pasien ga bisa kalau pakai resep yang sama. 

Lain negara lain tulisan juga. Kalau di China dan Rusia tulisannya lebih mirip dengan sandi rumput. Nah untuk apotekernya sendiri, sebenarnyatulisan Dokter itu berupa singkatan atau kode. Contohnya kayak perintah yang pakai kalimat seperti ini   m.f. pulv. Dtd NO. XC da in caps , artinya : 

 m.f = Misce Fac = Buatlah

pulv = Pulvis = Serbuk

dtd = Da Tales Dosis = Sesuai Dosis

No. XCX = Nomero XC = Banyaknya 90

da in caps = Da In Capsule = Buat dalam bentuk kapsul

S.3 dd caps I = ini dapat diartikan Signa Tre De Die Capsule Uno yang artiinya Tandailah 3 kali sehari satu kapsul

OBH Syr fl. I   Bahasa latinnya = OBH sirup flesh Uno  Artinya = OBH sirup sebanyak 1 botol.

S. 3 dd C I  Bahasa latinnya=  Signa Thre De Die Cochelear Uno  Artinya= Minum OBH sirup 3 kali sehari satu sendok makan

a.c. = ante cibum / cibos =sebelum makan

b.d. =bis die = 2x sehari

comp.= comsitus =diloleskan
ss. =semis =setengah / separuh

s.i.d =semel in die =sekali sehari

qPM =quaque post meridiem =setiap sore


q.d. / QD =quaque die =setiap hari

o.s / OS =oculus sinister =mata kiri

o.u / OU =oculo utro =setiap mata

opth =opthalmic =pada mata

otic =otical =pada telinga

p.c. =post cibum =setelah makan

p.o. =per os =melalui mulut

p.p.a. =phiala prius agitata =dikocok dahulu


 Sekian dulu ya informasinya.. Semoga bermanfaat...






0 comments:

Post a Comment

Copyright © Knowledge Corner

Distributed By My Blogger Themes | Blogger Theme By NewBloggerThemes Up ↑